Senin, 15 November 2010

ISTILAH ISTILAH DALAM INTERNET

-ISTILAH HTTP-
HHTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna. TTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.


-ISTILAH HTML-
ebuah konstruksi HTML yang meliputi deklarasi tag <FORM> dengan satu atau lebih tag <INPUT>, bertujuan mengumpulkan data untuk dilepas sebagai input untuk program CGI.

-ISTILAH WWW-
istilah WWW, Web atau Situs, dan Server Web sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya WWW hanyalah bagian dari internet. WWW juga dikenal dengan istilah situs internet.

-ISTILAH URL-
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet.[1] URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web.[1] Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas

-ISTILAH FTP-
Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan menggunakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP.

-ISTILAH DOMAIN-
Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama komputer server (contohnya seperti email server atau web server) pada jaringan computer maupun pada jaringan internet.
Buat Apa sih Domain itu ?
Domain digunakan untuk mempermudah user di internet pada waktu melakukan akses ke server. Perlu diketahui bahwa untuk melakukan akses ke server, kita harus tahu nama server tersebut. Tapi sayangnya untuk mengingat nama server itu adalah suatu hal yang sulit karena nama suatu server merupakan suatu deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP (IP address). Coba bayangkan jika Anda harus mengetik alamat 74.125.19.147 untuk membuka situs Google, pasti Anda akan susah untuk mengingatnya dan mungkin Anda harus membuka catatan kecil setiap Anda akan membuka situs Google. Tapi dengan adanya domain, kita tidak perlu menulis alamat 74.125.19.147 untuk membuka situs Google, melainkan kita hanya perlu menulis nama domainnya yaitu google.com (dengan domain ini orang akan mudah ingat). Untuk Anda yang ingin tahu berapa alamat IP Address suatu situs web, Anda bisa cari di sini : http://who.is/
Struktur Nama Domain
Domain merupakan suatu nama yang terdiri dari sebuah struktur yang hierarkis dengan level tertinggi pada hierarki tersebut adalah Top Level Domains (TLDs). Pada saat sekarang ini sudah banyak TLDs yang telah terdaftar di seluruh dunia. Tetapi, di antara semua semua TLDs tersebut, ada tiga diantaranya yang paling populer, yaitu .com, .net, dan .org. Setiap TLDs harus terdaftar secara resmi di lembaga resmi untuk masalah domain yaitu ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Number). Level kedua setelah TLDs adalah Second Level Domains (SLDs). Contohnya adalah yahoo.com dengan yahoo merupakan SLDs-nya. Level berikutnya adalah domain level ketiga. Domain level ketiga serta domain seterusnya dibuat oleh pemilik SLDs, bukan oleh ICANN.
Bagaimana membuat domain?
Untuk membuat domain, Anda bisa memilih apakah Anda ingin membuat domain gratis atau domain yang berbayar. Untuk domain yang berbayar, Anda harus rela untuk membayar sejumlah uang kepada pihak penyedia domain untuk mendaftarkan diri dan setelah itu Anda akan diberi suatu alamat domain dengan ekstensi (Top Level Domain) sesuai keinginan Anda. Ada beberapa Top Level Domain, diantaranya : .com, .net, .co.id, .biz, .gov, dll. Tapi jangan khawatir untuk Anda yang tidak punya dana untuk membayar atau membeli domain, karena ada beberapa layanan di internet yang memberikan suatu jasa pelayanan domain gratis seperti namedemo.com, namezero.com dan cocc.com.
Domain Name di Indonesia
Terdapat beberapa kategori nama domain untuk di Indonesia, antara lain:
1. www.up_to_you.ac.id (untuk akademi atau universitas).
2. www.up_to_you.or.id (untuk organisasi atau yayasan).
3. www.up_to_you.co.id (untuk perusahaan).
4. www.up_to_you.go.id (untuk departemen/kementerian).
5. www.up_to_you.net.id (untuk Internet Sevice Provider).
6. <www.up_to_you.sch.id (untuk sekolah).
7. www.up_to_you.web.id(untuk siapa saja).

-ISTILAH HOSTING-
osting. Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan websiteemail, dan beberapa hal lainnya. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang diskaccount email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Biasa disebut juga webhosting/web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), akses telnet/SSH/shell saja (shell hosting), dsb. Lihat juga: shared hostingdedicated hosting.
Hosting ini berasal dari kata hostKomputer yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan.
Layanan internet untuk penempatan informasi-informasi baik untuk halaman-halaman web, peyimpanan email,database, dll. Untuk sederhananya, anggaplah layanan ini sebagai solusi untuk menempatkan halaman-halaman web anda agar selalu online. Dengan demikian, kita tidak perlu menyediakan satu komputer khusus yang selalu online di kantor atau di rumah anda, melainkan cukup dengan bekerjasama dengan penyedia jasa hos osting. Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan website, email, dan beberapa hal lainnya. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Biasa disebut juga webhosting/web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), akses telnet/SSH/shell saja (shell hosting), dsb. Lihat juga: shared hosting, dedicated hosting
Hosting ini berasal dari kata host. Komputer yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan.
Layanan internet untuk penempatan informasi-informasi baik untuk halaman-halaman web, peyimpanan email,database, dll. Untuk sederhananya, anggaplah layanan ini sebagai solusi untuk menempatkan halaman-halaman web anda agar selalu online. Dengan demikian, kita tidak perlu menyediakan satu komputer khusus yang selalu online di kantor atau di rumah anda, melainkan cukup dengan bekerjasama dengan penyedia jasa hos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar